Selasa, 02 April 2024

Pengertian Indeterminate & Determinate dan Perbedaanya

 


Istilah indeterminate dan determinate sering digunakan untuk benih hibrida,dan umumnya digunakan untuk istilah benih tanaman tomat.

Benih tomat Indeterminate adalah benih tomat hibrida yang diproduksi khusus untuk daerah dataran menengah sampai dataran tinggi.jadi...bagusnya,benih ini ditanam didaerah dataran rendah sampai dataran tinggi.dan umumnya lebih direkomendasikan ditanam di daerah dataran tinggi.

Benih tomat hibrida indeterminate umumnya memiliki pertumbuhan yang lebih tinggi atau pohon yang lebih tinggi.biasanya tomat jenis ini memerlukan ajir 2 meter lebih.bahkan bisa tumbuh sampai 3 meter lebih sampa melewati tinggi ajir.dan untuk buah,umumnya bentuknya kebanyakan lonjong dan keras.dam umur tomat ini lebih lama dibandingkan jenis lain dan masa panen juga lebih lama.
contoh benih tomat indeterminate adalah benih tomat : Natama Super F1,TM Marvel,TM Blazer,Niki F1,TO244 F1,Citra Asia F1,Swadesi F1,Natavi F1, dan lainya.

Benih Tomat determinate adalah benih tomat hibrida yang diproduksi khusus untuk daerah dataran rendah sampai menengah,dan umumnya lebih di rekomendasikan untuk daerah dataran rendah.pertumbuhan tomat determinate sangat pendek dibandingkan indeterminate..dan biasanya hanya membutuhka ajir kurang lebih 1 meter.dan umur tomat jenis determinate sangat pendek dibandingkan tomat indeterminate.

Untuk buahnya,tomat determinate umumnya memilik bentuh buah yang bulat.dan memiliki masa panen yang singkat jika dibandingkan dengan benih tomat indeterminate.contoh benih tomat determinate adalah : TM Marina,Tinatoon F1,Vadia F1,Artika,Pramita,TM Elisha dan lain lain.



Perbedaan diantara Indeterminate dan Determinate terletak pada tinggi pertumbuhan batang,umur tomatnya,bentuk tomatnya dan daerah yang ketinggian berbeda.jika kamu ingin menanam tomat dipekarangan rumah atau secara konvensional,tanamlah benih yang cocok untuk daerah mu.jika daerahmu dataran rendah sampai menengah,bisa menanam benih tomat determinate.dan jika daerahmu daerah dataran menengah sampai dataran tinggi,maka bisa tanam benih tomat indeterminate.

#petanitomat #tanamantomat #indeterminate #determinate #caramenanamtomat #tomatunggul #jualbenihtomatunggul #tomathibrida

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar