Jumat, 26 April 2024

Cara Membasmi Pohon atau Tanaman Pengganggu

 Cara Membasmi Pohon dan Tanaman Pengganggu


Cara membasmi pohon atau tanaman penggangu biasanya dilakukan untuk membasmi pohon atau tanaman yang menggangu tanaman utama kita,bisa juga untuk membasmi pohon atau tanaman yang mengganggu pekarangan rumah atau terlalu dekat dengan rumah atau terlalu berbahaya kalau tumbang mengenai rumah kita.

Cara ini juga sering dilakukan jika pohon atau tanaman penggangu susah untuk di tumbang,atau tidak boleh ditumbang karena ada tanaman lain disekitarnya atau dengan dengan pemukiman.atau sangat tidak mungkin untuk melakukan pembongkaran mulai dari akar karena tanaman tersebut terlalu besar.

Umumnya tanaman yang sering dibasmi adalah tanaman pengganggu,atau pohon yang tidak mau berbuah atau tanaman yang tidak produktif.atau kita ingin mengganti tanaman tanpa harus menebang dan membongkarnya langsung.

Misalnya seperti pohon pengganggu di pekarangan rumah,kita bisa membasminya tanpa harus menebang atau membongkarnya.tanaman tersebut akan mati dengan sendirinya dan membiarkan batang dan kayunya membusuk.tapi ketika tanaman tersebut sudah dibasmi atau mati perlu di perhatikan secara berkala agar ranting atau kayunya tidak tumbang atau berjatuhan mengenai tanaman atau rumah kita.

Cara membasi tanaman atau pohon ini baiknya digunakan untuk tanaman pengganggu atau tidak produktif lagi,dan jangan digunakan untuk membasmi pepohonan hutan atau tanaman orang lain.gunakan lah sepositif mungkin dan tidak mengganggu kelangsungan hidup tanaman.

Caranya adalah dengan menggunakan herbisida,baik sistemik ataupun kontak.bagaimana jika pohonya atau tanamanya terlalu tinggi atau besar.sangat tidak mungkin untuk melakukan penyemprotan atau spray herbisida.walau sekalipun menggunakan mesin spray tenaga tinggi untuk pengaplikasian herbisida ada baiknya jangan disemprot kalau tanaman terlalu tinggi.

Karena penggunaan herbisida dengan tenaga mesin yang tinggi bisa membahayakan kita,karena kabut atau semburan yang dihasilkan bisa saja terhirup ketika arah angin berubah.ada baiknya jangan di semprotkan.

Begini caranya membasmi pohon atau tanaman pengganggu menggunakan herbisida :

  • Siapkan herbisida sistemik ataupun kontak berbahan aktif glifosat atau parakuat.umumnya herbisida ini mudah didapatkan dan sudah terbukti efeknya.untuk merk dagangnya bisa tanyakan toko pertanian terdekat ketersediaan herbisisa berbahan aktif glifosat atu parakuat.
  • Siapkan wadah bekas untuk cairan,cukup yang berukuran kurang lebih satu liter saja.
  • Siapkan peralatan pelindung diri seperti sarung tangan,masker,celana panjang dan baju panjang tangan.
  • Siapkan kuas,bisa juga menggunakan sikat gigi bekas.
  • Tuangkan herbisida secukupnya ke dalam wadah.ada baiknya tidak usah mencampurkan dengan air untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan efek yang cepat.jika mencampurkan dengan air,usakan jangan mencampurkan air lebih dari kapasitas herbisida yang digunakan.
  • Kupas kulit pohon atau tanaman yang akan di basmi,kemudian bersihkan kambium atau lendir yang menempel di batang atau kayu tanaman.membersihkanya bisa dengan cara mengikisnya.
  • Selain mengupas kulit batang atau kayu,bisa juga melukainya dengan pisau sampai melukai melewati kambium atau bisa juga melukainya dengan memukulkan benda keras seperti martil ke batang pohon tersebut.
  • Lakukan hal diatas dibagian batang bawah saja,tidak usah sampai keatas.dan pastikan lakukan proses itu mengelilingi batang pohon atau tanaman.
  • Gunakan sarung tangan dan masker dan pelindung diri.
  • Setelah proses diatas selesai,oleskan herbisida merata keseluruh bagian yang sudah dikupas kulitnya atau yang sudah dilukai.
  • Tidak usah membuang ranting,daun atau tunas tanaman atau pohon yang akan di basmi.agar efek herbisida bisa terlihat jelas.
  • Jangan lakukan pengolesan herbisida jika kemungkinan hujan segera turun.setidaknya biarkan kering sampai satu jam.terutama menggunakan herbisida sistemik.
  • Jika sudah selesai,buang jauh sarung tangan dan masker atau bisa dibakar.
  • Simpan dan cuci wadah bekas yang digunakan.
  • Herbisida ini sangat berbahaya bagi manusia jika termakan atau terminum.
  • Jika ada herbisida yang tersisa,jauhkan dari jangkauan anak-anak atau simpan digudang dengan menggantungkanya di posisi tinggi.

Jika kita menggunakan herbisida sistemik,kemungkinan efeknya akan terlihat setelah beberapa hari.biasanya dalam tiga hari keatas akan terlihat jelas efeknya.seperti daun mulai layu dan sedikit menggulung dan semakin lama daun akan mati dan kering dan akhirnya pohon atau tanaman pengganggu mati.
klik untuk melihat harga herbisida

Dan jika menggunakan herbisida kontak,efeknya bisa saja terlihat di hari yang sama.kelihatan daun seperti terbakar dan berubah menjadi warna coklat dan menggulung.

Sesuai pengalaman,ada baiknya menggunakan herbisida sistemik daripada herbisida kontak.karena herbisida sistemik akan memasuki dan menyerang semua jaringan tanaman dan herbisida kontak umumnya bisa saja hanya menyerang beberapa jaringan tanaman.atau hanya menyerang bagian tanaman dibagian yang dioleskan saja atau ke bagian atasnya saja.kesimpulanya adalah menggunakan herbisida sistemik adalah yang terbaik.


Untuk beberapa tanaman cara ini tidak bisa berfungsi.misalnya seperti tanaman bambu penggangu.untuk membasmi tanaman penggangu biasanya herbisida kurang efektif,ada baiknya rumpunya langsung dibakar.jika tidak memungkinkan untuk dibakar masih ada solusi lain untuk membasi tanaman bambu pengganggu.

Untuk membasmi tanaman bambu pengganggu dan sejenisnya,kita bisa lakukan :
  • Menyiramkan minyak tanah disekitar perakaran.jika menggunakan cara ini,pastikan setelah menyiramkan minyak tanah tidak datang hujan.cara ini juga berguna untuk tanaman pohon pengganggu lainnya.
  • Menaburkan ragi atau soda api disekitar perakaran bambu pengganggu.kita bisa pilih salah satu,menggunakan ragi atau soda api.jika menggunakan cara ini pastikan setelah menaburkan ragi atau soda api datang hujan.jadi ada baiknya taburkan soda api dan ragi jika kira-kira hujan akan datang.jika hujan tidak datang kita bisa menyiramkan air secukupnya saja.
Cara membasmi rumpunan bambu pengganggu diatas bisa dicoba dengan skala kecil untuk melihat dan membuktikan hasilnya.cara paling efektif bisa dilakukan dengan skala besar.

Untuk tanaman bambu besar ada baiknya tidak menanam di pekarangan rumah atau dekat dengan rumah,karena akan mengganggu pekarangan rumah dan mengundang hewan berbisa untuk bersarang disekitar rumpun bambu.

PERHATIAN : Berhati-hatilah menggunakan herbisida atau racun pertanian karena sangat berbahaya bagi manusia.selalu gunakan alat pelindung diri untuk mengaplikasikan herbisida dan pestisida lainnya.dan gunakan lah seperlunya saja agar tidak mencemari lingkunan.

Kritik,saran dan masukan bisa tinggalkan di komentar dan selamat mencoba !

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar