Sabtu, 27 April 2024

25 Tanaman Liar dan Gulma Yang Laku Keras di Pasaran

 Gulma dan tanaman liar yang laku keras dijual


Pada umumnya,gulma memiliki arti sebagai tanaman liar yang menjadi tanaman penggangu di lahan pertanian.untuk membasmi gulma..terkadang menjadi pekerjaan paling rumit.terutama membersihkan gulma di lahan pertanian yang tidak bisa di semprot dengan herbisida.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tanaman gulma atau tanaman liar yang dulunya dianggap tidak berguna,namun sekarang malah laku dijual untuk bahan obat-obatan herbal atau alami.

Jika kamu tinggal di pedesaan atau tinggal di sekitar lahan pertanian,kamu akan menemukan gulma ini dengan jumlah yang sangat banyak.dan ini sebenarnya bisa menjadi peluang buat kita yang dengan mudah untuk menemukan obat herbal yang ternyata adalah gulma buat kita tetapi memiliki harga yang lumayan di pasaran.

Jika kamu memiliki bakat dan minat dagang,kamu bisa memulai berjualan dengaan produk tanaman liar atau gulma untuk dijadikan obat herbal atau alami.disini kamu akan memiliki peluang besar,walaupun hanya sebagai pekerjaan sampingan.

Berikut dibawah ini beberapa gulma dan tanaman liar yang paling sering dicari dan paling laris,serta sangat mudah menemukannya di sekitar lahan pertanian kita.


1.Ciplukan

   Tanaman ciplukan dahulunya adalah tanaman liar,tanaman ini sering tumbuh sendirinya dilahan pertanian petani tanpa harus di budidayakan.biasanya ciplukan suka tumbuh di lahan yang baru dibuka petani atau lahan yang baru di bajak.anak-anak akan suka memakan buahnya yang sudah matang karena memiliki rasa yang agak manis.

Kalau dulunya ciplukan hanya tanaman liar,sekarang daun dan buahnya sudah digunakan obat herbal.ada yang beranggapan tanaman ini berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung dan penyakit lainnya.karena memiliki khasiat dan banyak permintaan,akhirnya dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan ciplukan yang semakin tinggi.

Jaman sekarang,ciplukan bisa kita dapatkan di pasar,supermarket dan marketplace online.dan untuk harga bervariasi sesuai dari jenis ciplukannya dan beratnya.seperti di marketplace,buah ciplukan dihargai Rp.50.000 an per setengah kilogram


2.Babadotan

Tanaman gulma yang satu ini dianggap memiliki khasiat mengobati diabetes,anemia,sebagai antioksidan dan penyakit lainnya.tanaman babadotan dihargai Rp.30.000 an/kg di marketplace.dan yang dibutuhkan adalah bagian batang,daun dan bunganya.

Babadotan adalah gulma liar yang sering tumbuh di lahan pertanian,gulma ini sangat mudah di temukan di seluruh lahan pertanian.dan tanaman ini mudah berkembang biak dan daunya memiliki rasa sedikit pahit.


3.Kitolod

Gulma yang satu ini juga sering kita jumpai di lahan pertanian.tidak sulit untuk menemukan tanaman liar yang satu ini.bahkan kitolod sering tumbuh dipinggir jalan pedesaan atau jalan lahan pertanian.tanaman ini jika diciuam memiliki sedikit aroma yang agak bauk dan memiliki sedikit getah.

Kitolod diyakini memiliki khasiat untuk beberapa obat,dan konon katanya kitolod memiliki khasiat mengobati sakit mata dan katarak.kitolod dihargai lima ribu rupiah untuk satu tanaman kecil di marketplace.


4.Rumput Teki

Rumput yang satu ini adalah salah satu musuh bebuyutan petani,kenapa jadi musuh bebuyutan? karena rumput ini susah mati dan mudah berkembangbiak.tanaman ini dianggap petani sebagai tanaman penggangu.sampai saat ini,belum ada herbisida yang bisa membasmi rumput teki sampai ke akar akarnya dan umbinya.

Rumput teki dianggap sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit seperti masalah bab,menstruasi,keputihan dan penyakit lainnya.tanaman ini dihargai Rp.15.000 an / 100gram di marketplace online


5.Krokot

Gulma satu ini juga diyakini memiliki banyak khasiat.banyak orang menggunakanya untuk obat kulit,diet,menguatkan tulang,obat mata dan penyakit lainnya.tanaman ini banyak di temukan di lahan pertanian sebagai gulma.krokot biasanya sangat sulit mati walaupun dicabut.biasanya tanaman ini hanya mudah mati dengan herbisida.

Tanaman krokot dihargai Rp.25.000 an/kg di marketplace indonesia.tanaman ini sangat mudah ditemukan di lahan pertanian yang dianggap petani sebagai gulma dan tanaman liar.


6.Semanggi

Gulma satu ini digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati hipertensi,hepatitis dan penyakit lainnya.semanggi banyak ditemukan  di lahan pertanian dan paling sering tumbuh di tanah gersang dan kadang tergenang air.namun di beberapa daerah semangggi mudah ditemukan di semua jenis tanah di lahan pertanian.

Tanaman rasa sedikit asam ini dijual Rp.30.000 an /500 gram di marketplace online.semanggi memiliki dua jenis,ada semanggi yang bertangkai daun panjang dan yang pendek.


7.Sambiloto

Tanaman liar yang satu ini dijual seharga Rp.20.000an /kg.tanaman sambiloto konon katanya memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kulit,kencing manis,amandel,gigitan hewan berbisa dan penyakit lainnya.tanaman yang rasanya pahit ini sangat mudah ditemukan di lahan pertanian dan lahan terbuka di setiap daerah.


8.Sirih Tumpang Air

Tanaman ini sering juga disebut dengan nama suruhan dan sirih cina.mungkin di berbagai daerah namanya bisa saja berbeda.tanaman ini biasanya ditemukan di tempat yang agak lembab seperti dipinggiran selokan,pinggiran sungai atau tempat yang lembab.tanaman ini memiliki daun seperti daun sirih.

Tanaman sirih tumpang air diyakini memiliki khasiat sebagai obat pereda asam urat,berbagai penyakit kulit,sakit perut dan penyakit lainnya.tanaman ini dihargai sekitar Rp.30.000an/kg.


9.Senduduk

Tanaman liar satu ini disebut juga harendong,senduduk atau senggani.tanaman liar ini sering dijumpai disekitar lahan pertanian.suka tumbuh disemua tempat yang tidak terlindung.senduduk memiliki dua jenis yaitu senduduk biasa dengan batang kemerahan dan senduduk bulu/hutan dengan batang hijau.

Di beberapa marketplace online daun senduduk dihargai Rp.30.000an /kg,buah senduduk biasa yang sudah masak dihargai Rp.30.000an/500gram,buah senduduk bulu atau senduduk hutan dihargari Rp.20.000an /100 gram,dan bunga senduduk biasa dihargai Rp.20.000an/250gram.

Senduduk diyakini memiliki khasiat untuk mengobati disentri,sakitperut,keputihan dan masih banyak penyakit lainnya.


10.Sirih Hutan

Disebut sirih hutan,dikarenakan tanaman liar ini memiliki daun mirip seperti sirih tetapi tidak menjalar seperti sirih.tetapi memiliki batang atau pohon bisa sampai tinggi 5 meter kurang lebih.tanaman liar sirih hutan ini diyakini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit penceranaan,sebagai antiseptik dan untuk penyembuhan luka.daun sirih hutan di hargai Rp.30.00an /kg di beberapa situs marketplace indonesia.


11.Cakar Ayam

Tanaman liar satu ini memiliki bentuk daun yang unik,hampir mirip seperti cakar kaki ayam.sehingga disebut tanaman cakar ayam.tanaman ini biasanya tumbuh di pinggiran jalan atau dipinggir lahan pertanian yang tanahnya agak gersang.

Cakar ayam memiliki khasiat untuk mengobati pendarahan dan membersihkan darah.selain itu tanaman ini masih memiliki khasiat lain yang begitu banyak.tanaman cakar ayam dijual di marketplace dengan harga Rp.30.000an/kg.


12.Sisik Naga

Tanaman ini biasanya tumbuh di batang pohon yang sudah tua atau sudah mati,tumbuh sebagai tanaman parasit menjalar.disebut sebagai tanaman sisik naga karena daunya hampir mirip dengan bentuk sisik naga yang bentuknya agak kebulatan dan agak keras.daunya hampir mirip dengan tekstur kaktus kaktusan.

Sisik naga diyakini memiliki khasiat yang sangat banyak,misalnya mengobati kanker payudara,rematik,sakit kuning,mimisan dan penyakit lainnya.daun sisik naga di hargai sekitar Rp.30.000an/kg.


13.Benalu Kopi

Tanaman penggangu dan liar satu ini juga termasuk salah satu parasit pada tanaman kopi.akan kita temukan tumbuh menjalar di pohon kopi yang sudah tua atau tanaman kopi yang tidak diurus lagi.benalu kopi ini sebenarya juga bisa tumbuh menjadi parasit di pohon tanaman lainnya.tapi yang paling dicari adalah benalu yang tumbuh di kopi jenis robusta.dan benalu yang tumbuh dikopi jenis arabika dan lainnya diyakini kurang berkhasiat.

Benalu kopi banyak digunakan untuk mengobati tumor,hepatitis,sakit ginjal,menurunkan tekanan darah dan lainnya.benalu kopi kering dihargai Rp.100.000an/kg di pasaran.


14.Bayam Berduri

Tanaman liar ini biasanya disebut bayam berduri saja,mungkin di daerah lain memiliki sebutan lainnya.bayam duri biasanya tumbuh di tanah yang subur dan gembur.bayam duri ini memiliki batang dan daun warna hijau dan jika sudah mulai membesar batangnya dan tangkai akan tumbuh duri tajam dan keras.walaupun berduri biasaya bayam ini masih bisa dibuat untuk sayuran.tetapi di bagian yang laku dijual adalah bagian akar bayam duri.

Akar bayam duri diyakini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit bagian dalam dan perut,wasir,mengobati luka bakar dan sebagainya.dipasaran...akar bayam duri dihargai Rp.100.000an/kg


15.Tapak Liman

Tanaman liar satu ini sering dijumpai dan tumbuh di tanah yang keras dan gersang,biasanya tumbuh di dpinggiran jalan atau di tanah keras yang agak miring.tapak liman memiliki daun yang sangat lebar dan panjang,dan ketika tanamanya agak dewasa ditengah daunnya akan tumbuh kayu atau tangkai seperti lidi dan diujungnya muncul bunga.

Tapak liman digunakan banyak orang untuk mengobati berbagai penyakit kelamin,dan juga ada orang percaya digunakan untuk obat keperkasaan pria.selain itu tapak liman juga bisa untuk mengobati amandel dan radang tenggorokan.daun tapak liman dan akarnya dijual dengan harga Rp.30.000 an/kg.


16.Sintrong

Bagi kebanyakan petani,sintrong adalah gulma yang mudah berkembangbiak.sintrong memiliki biji bunga yang sangat halus dan berbulu sangat halus,ketika angin berhembus...biji-biji bunga sintrong akan terbang kesemua tempat dan akhirnya sintrong bisa saja tumbuh dimana-mana.

Selain dijadikan obat,sintrong juga dijadikan sayur dan di beberapa daerah sintrong adalah salah satu pakan untuk kambing.sintrong diyakini memiliki banyak khasiat untuk mengobati penyakit masalah pencernaan dan pendarahan.

Selain kegunaan diatas,daun sintrong biasanya digunakan untuk antiseptik luka dan bisa menghentikan pendarahan ringan.daun sintrong dijual Rp.30.000 an/kg.


17.Pecut Kuda

Tanaman liar yang satu ini memiliki fungsi untuk mengobati penyakit radang tenggorokan,amandel,hepatitis A ,rematik dan penyakit masalah kewanitaan.tanaman pecut kuda banyak di temukan tumbuh liar dan mudah untuk mendapatkannya.pecut kuda di hargai Rp.30.000an/kg di marketplace.


18.Sidagori/Sibaguri

Gulma yang satu ini hampir meratas bisa ditemukan di seluruh indonesia.sidagori biasa tumbuh di lahan pertanian dengan penyebaran yang sangat cepat.gulma ini termasuk salah satu rumput yang susah dicabut dan batangnya keras.

Daun sidagori memiliki khasiat untuk mengobati rematik dan infeksi kulit.selain itu masih banyak fungsi lainnya dari daun sidagori.daun sidagori dipasaran marketplace di hargai sekitar Rp.30.000an/kg.


19.Tembelekan

Gulma satu ini memiliki daun yang hampir mirip seperti gambar hati,dan pinggiran daunnya bergerigi seperti mata gergaji.gulma ini sangat mudah menemukannya di daerah pertanian dan pedesaaan.tanaman gulma ini memiliki banyak khasiat.salah satunya adalah untuk merangsang korban keracunan makanan minuman untuk muntah,sehingga kemungkinan besar makanan dan minuman yang keracunan bisa keluar.

Tembelekan dijual di pasaran dengan harga Rp.40.000 an/kg.


20.Kirinyuh

Tanaman liar kirinyuh adalah tanaman yang paling gampang ditemukan di daerah pertanian dan pedesaan,biasanya tanaman ini mudah tumbuh dan memiliki tinggi pohon maksimal 2 meter.tanaman kirinyuh diyakini bisa mengobati penyakit  seperti maagh,disendtri,masalah kewanitaan dan lainnya.

Daun kirinyuh biasanya juga bisa digunakan untuk mengobati luka ringan sebagai antiseptik dan menghentikan pendarahan kecil.selain itu daun keringnya bisa mengentikkan pendarahan lebih cepat daripada daun segarnya.dan biasanya digunakan untuk mengobati sakit perut dan mencret.

Selain untuk mengobati penyakit manusia,daun kirinyuh segar juga bisa diperas dan diminumkan kepada ternak yang sakit perut atau tidak selera makan.di pasaran...daun kirinyuh dihargai sekitar Rp.25.000an/kg.


21.Tempuyung

Tempuyung diyakini memiliki khasiat untuk meredakan asam urat dan mengobati batu ginjal.tempuyung banyak ditemukan di areal pertanian sebagai gulma,dengan bentuk daun yang lonjong panjang dan lebar.setelah rumpun daunya akan tumbuh tagnkai berdaun kecil yang akhirnya tempat tumbuh bunga.daun tempuyung dijual di pasaran dengan harga Rp.40.000 - 80.000 /kg.


22.Pungpurutan

Gulma pungpurutan disebut juga sebagai pulutan,tanaman liar ini suka tumbuh di pinggir jalan dan ditanah yang gersang.tanaman ini memiliki daun lebar dan sedikit berbulu,batang keras,dan memiliki buah yang bisa lengket di baju atau celana.

Pungpurutan digunakan untuk mengobati penyakit disentri,malaria dan sebagainya.daun pungpurutan dijual dengan harga Rp.40.000an/kg di pasaran.


23.Temu Wiyang

Tanaman gulma satu ini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit sariawan dan radang telinga.temu wiyang banyak di temukan di lahan pertanian sebagai gulma pengganggu.tanaman ini memiliki ciri-ciri memiliki daun yang agak panjang dan lebar.dan bunganya hampir mirip dengan bunga sintrong yang belum mekar.


24.Ialalang / Alang-alang

Alang-alang atau ilalang adalah tanaman liar pengganggu bagi petani.tanaman liar ini diambil akarnya untuk dijadikan sebagai obat untuk penyakit kencing nanah,kencing terus menerus,kencing darah dan hipertensi.selain itu akar ilalang masih banyak digunakan untuk mengobati penyakit lainnya.

Akar ilalang dijual dengan harga Rp.30.000 an/kg di pasaran.


25.Sembung

Tanaman sembung adalah tanaman sejenis gulma yang menjalar,memiliki daun lebar dan memiliki sedikit gerigi di pinggiran daun.tanaman gulma ini mudah berkembang biak dan menyebar karena memiliki bunga yang halus dan mudah menyebar ketika di hembus angin.daun sembung dijual dengan harga Rp.40.000 an/kg.


Selain 25 tanaman liar diatas,sebenarnya masih banyak tanaman lain yang banyak dicari untuk kepentingan tertentu.kita bisa mencoba menjualnya dengan cara daring atau online untuk menemukan pembeli yang tepat.karena konsumen tanaman liar seperti ini umumnya adalah orang yang tinggal di kota.

Masalah nama tanaman liar diatas,mungkin setiap daerah dan setiap tempat berbeda beda namanya.untuk memastikan tanamanya kamu bisa copy  nama tanaman diatas ke mesin pencari.

Tanaman obat lainnya,bisa bertanya kepada orang tua di daerah kita atau tukang obat tradisional.dan harga bisa diseuaikan dengan pasaran ditambah dengan modal packing ya sob.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar