Minggu, 07 April 2024

Begini Cara Agar Buah Alpukat Cepat Matang

 Cara agar buah alpukat cepat matang

Klik Gambar untuk melihat bibit alpukat


Alpukat atau pokat adalah tanaman buah yang dimana buahnya tidak masak dipohon.dan umumnya dipanen untuk dijual masih keadaan mentah.dengan tujuan agar dalam pengangkutan atau transport buahnya tidak penyet atau rusak.

Jika kita pertama kali memiliki buah alpukat belum matang atau beli buah alpukat belum matang.kita harus membatnya matang dahulu agar bisa di konsumsi.Cara agar buah alpukat cepat matang adalah dengan cara menyimpanya di tempat hangat,bisa juga menyimpanya dengan cara membungkus dengan kain bersih kemudian menyimpanya.jika disimpan tanpa membungkus dengan kain kita bisa menempatknya di tempat hangat.tetapi jangan mengenai sinar matahari ya,ntar rasanya kurang enak.

Dengan suhu hangat,buah alpukat mentah akan cepat matang atau masak.jika tidak menyimpanya dengan kondisi hangat buah alpukan akan lebih lama waktunya menjadi matang atau masak.

Kenapa buah alpukat matangnya lama ? buah alpukat lama matang karena :

  • Buahnya dipanen dalam keadaan terlalu muda.
  • Tidak disimpan atau ditempatkan ditempat yang hangat (hangat bukan panas).
Ciri-ciri buah alpukat yang muda :
  • Warna kulit buah bersih mengkilap kinclong.
  • Jika memiliki biji,bijinya berwarna cerah muda dan tidak bisa tumbuh.
Ciri-ciri buah alpukat yang sudah tua,tapi belum masak :
  • Kulit buah alpukat tidak mengkilap
  • Di kulit buah ada bercak bintik bintik.sebagian ada warna cokat atau hitam.
  • Warna kulit dan permukaan kelihatan kasar.
Jika kita memiliki pohon alpukat yang berbuah,ada baiknya dibiarkan saja buahnya sampai tua.jika buahnya sudah tua,buah alpukat akan jatuh sendiri seperti durian.tetapi belum masak.namun jika disimpan di tempat hangat atau dibungkus kain...maka tidak akan lama agi akam matang.waktu paling lama adalah kira kira 2-3 hari akan matang atau masak.

Buah alpukat yang terlalu muda di peram kemudian disimpan di tempat hangat,setelah matang akan memiliki rasa yang kurang enak,kadang rasanya seperti ada rasa pahit sedikit.kulit akan berkerut dan kisut.
dan jika buah alpukat yang masak berasal dari buah yang sudah tua,maka akan memiliki rasa yang enak dan sedikit seperti rasa susu.buah tua yang masak memiliki kulit buah  yang tetap keras tidak berkerut atau kisut.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar