Selasa, 09 April 2024

Cara mengatasi ulat tulis pada daun tanaman

 Megatasi Ulat Tulis atau Penggorok Daun Tanaman

Ulat tulis daun atau penggorok daun adalah ulat yang menyerang daun tanaman.ulat ini sebenarnya adalah larva lalat,yang telurnya di letakkan di daun.setelah menetas,ulat akan memasuki daun dan menggorok daun tetapi tidak sampai tembus.daun yang terserang ulat ini kelihatan seperti daun yang di tulis atau di coret-coret.daun yang sudah terserang ulat ini bisa menyebabkan terganggunya fotosintesis tanaman.

Ulat tulis atau penggorok daun ini sangat kecil,sehingga bisa memasuki daun yang sangat tipis sekalipun.jika tidak segera diatasi,akan menyebabkan daun kelihatan seperti gambar diatas.dan mengganggu fotosintesis tanaman.

Biasanya ulat ini menyerang daun tanaman muda seperti : bawang merah,buncis,cabai,tomat,timun,kacang panjang,labu,kentang,terung,seledri,semangka dan tanaman muda lainnya.

Di beberapa kasus,ulat ini juga menyerang tanaman keras pada bagian daun muda atau daun pada bagian pucuknya.seperti daun jeruk,kopi,jambu dan lain lain.umumnya jika daun terserang parah akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Untuk mengatasi ulat tulis atau penggorok daun ini sebenarnya mudah.jika kita rutin melakukan penyemprotan tanaman,ulat ini akan mati.atau bisa juga menyemprotakn insektisida sistemik dan translaminar.

Cara mengatasi ulat penggorok daun atau ulat tulis bisa menggunakan insektisida berbahan aktif : 

  • Tiametoxam/tiametoksam : Actara,Alika,Daimon,Spike,Biotara,Unirex,Savanta,Thioxam,Cruiser,Reno,Jayamix,Sidathiam,Thures,Seedsong,Ankruss,Glitter,Biotara,O-Tella,Flytox,Alipi,Runic dan lain lain.
  • Abamektin : Abacel,Agrimectin,Demolish,Starmek,Stadium,Damex dll
  • Dimehipo :Provost,Fortuna,Dipho,Barier Gold,Hippo,Spartan,Spontan dan lainnya
  • Lamda sihalotrin :Biomac,Alipi,Rumpas,granulam dll Biomac,Larviron,Brantas,Hamador,Redoks,Santador,Grange,Labrador,Biotrin,dll
  • Bensultap : Bancol,
  • Kartap Hidroklorida : Kristal,Vartap,Kardan,Ceratop,Agstap,Padan,Sinocarb.
  • Klorfenapir : Rampage,Interceptor G2,Sagri M7,Napir Plus,Oblivion,Tokindo,Empire,Indoban.
  • Spinosad : Beruang,CASH,Spindid,Natular,Tangker.
  • Siromazin :Easy,Naporex,Topkick,Minzin,Alget,Force one,Trigard dll
  • Monosultap : Budoka,Trafo,Perfekthion,Trisula,Timber,Plush,Suportan,Trisula,spontansking dll
  • Dan lainnya
Untuk rekomendasi,gunakan insektisida tiametoksam/tiametoxam.selain itu harga juga terjangkau.selain insektisida diatas masih banyak lagi sebenarnya insektisida untuk membasmi ulat tulis atau ulat penggorok daun.
Klik Disini cek harga



Tanyakan toko pertanian terdekat untuk mendapatkan insektisida tersebut.dan ada baiknya tanyakan bahan aktif saja.karena penyebaran merk dagang insektisida tidak sama setiap daerah.

Gunakan dosis sesuai kemasan,untuk mendapatkan hasil yang efektif.dan jangan lupa gunakan masker dan alat pelindung diri dari pestisida.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar