Jumat, 05 April 2024

Cara Pemupukan Jahe Yang Tepat Agar Rimpang Besar dan Panjang !

 


Untuk cara pemupukan jahe sebenarnya semua orang pasti tau,tapi yang kita bahas disini adalah cara pemupukan jahe yang tepat agar rimpang besar dan panjang dengan cara hemat tapi tepat sasaran.mengingat semakin tahun harga pupuk kimia dan pupuk kandang semakin mahal,maka diperlukan cara pemupukan hemat tapi tepat sasaran.

Banyakan orang akan memupuk jahenya dengan berbagai campuran pupuk tanpa memperhatikan kandungan unsur haranya,cara seperti itu sebenarnya tidak efektif dan terlalu mubajir karena memakan banyak modal.jika harga jahe turun bisa saja kita rugi terlalu banyak jika menggunakan metode seperti itu.

Untuk pemupukan hemat tepat sasaran bisa kita lakukan cara dibawah ini,atau bisa praktekan dulu dengan skala kecil :



  • Setelah jahe berumur sebulan setelah tumbuh,pupuklah jahe menggunakan pupuk yang mengandung unsur hara N Nitrogen dan Ca Calsium.cukup gunakan pupuk Nitrogen & Calsium saja untuk di umur bulan pertama.kenapa harus nitrogen dan calsium ? perpaduan nitrogen dan calsium merangsang pertumbuhan tunas pada tanaman.jika pada tanaman jahe..nitrogen dan calsium akan menumbuhkan rimpang baru dan kemudian tumbu tunas baru.jika kamu cek beberapa  pupuk kimia yang mengandung nitrogen dan calsium,tujuanya adalah untuk merangsang pertumbuhan tunas dan menyuburkan tanaman.ada baiknya tidak usah mencampurkan pupuk kimia lainnya dengan unsur hara berbeda.karena bisa mengakibatkan fungsi nitrogen dan ca tidak berguna.kecuali disamakan dengan pemupukan pupuk kandang tidak masalah.contoh pupuk nitrogen dan calsium dipasaran adalah pupuk cantik,tidak usah ragu..nama pupuknya memang "cantik"
  • Di bulan kedua setelah jahe tumbuh.bisa menggunakan pupuk NPK dengan satu jenis saja atau satu merk saja.tidak usah mencampur campur banyak pupuk NPK dengan berbagai jenis merk dagang.cukup satu jenis saja atau satu merk dagang.
  • Dibulan ketiga setelah jahe tumbuh,Gunakan pupuk Nitrogen dan kalium.dengan maksud untuk memperjangan rimpang atau menambah tunas dan memperbesar rimpang.
  • Dibulan ke empat ,pupuk kembali tanaman jahe dengan menggunakan pupuk Nitrogen + Kalium dengan menaikkan dosis kalium,lebih banyak dari dosis bulan ketiga.
  • Dibulan ke lima ada baiknya gunakan dosis kalium lebih tinggi lagi dan tetap gunakan pupuk nitrogen.bulan kelima adalah pemupukan terakhir tanaman jahe.karena bulan kelima dan enam jahe hanya memperbesar rimpangnya dan sangat jarang menambah tunas baru,kecuali yang penyakitan.dan bulan ke tujuh keatas adalah masa penuaan tanaman jahe untuk menuju panen jahe tua.


Cara ini bisa kita praktekkan dalam skala kecil untuk memastikan hasilnya.tanaman jahe tidak terlalu membutuhkan unsur hara phospat dalam perbesaran dan pemanjangan rimpangnya.jahe hanya butuh nitrogen,kalium dan kalsium untuk memperbesar rimpangnya.jika kita memiliki modal lebih ya silakan tambahkan pupuk lain.tapi dalam hal ini tujuan kita adalah pemupukan hemat tanaman jahe tapi menghasilkan rimpang yang besar dan panjang.

Dalam penyemprotan tanaman jahe,baik untuk tujuan pupuk daun atau membasmi hama atau jamur.ada baiknya tidak mencampurkan dengan kalsium.karena pencampuran dengan pupuk kalsium tunggal spray (semprot) bisa mematikan ke efektifan insektisida atau fungisida.karena umumnya pupuk kalsium spray memiliki ph yang tinggi.sehingga mempengaruhi ke efektifan pestisida yang dicampur dengan kalsium.untuk spray kalsium ada baiknya dispray single atau spray kalsium saja..penyemprotanya sangat mudah,hanya semprot dan yang penting mengenai daun jahe.

Jika spray pupuk daun dengan maksud tujuan untuk memperbesar dan memperpanjang rimpang jahe,dengan pupuk yang mengandung unsur hara mikro...ada baiknya gunakan sesuai dosis saja.dan cukup spray sekali sebulan.karena overdosis pupuk mikro memliki efek samping.untuk amanya bisa spray hormon murni seperti giberelin,auksin dan sitokinin.penggunaan hormon murni sangat mempengaruhi besar kecilnya rimpang jahe.


Cara pemupukan ini berlaku untuk semua jenis tanaman jahe.dan sebelum pemupukan dilakukan...ada baiknya gulma di dekat tanaman jahe di bersihkan.agar gulmanya nantinya tidak ikut tumbuh subur.

Untuk mendapatkan hormon giberelin,sitokinin dan auksin murni bisa dapatkan di bawah ini.dengan cara klik nama daerahnya :

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar