Sabtu, 16 Maret 2024

Cara Mengatasi Penyakit Kulit Anjing Rontok Bulu Kurikan

   

Mengatasi Penyakit Anjing Bulu Rontok,Kurikan dan Kutu Parasit



Untuk pecinta hewan peliharaan anjing mungkin kebanyak sudah mengetahui cara mengatasi penyakit anjing bulu rontok atau kutu parasit.dan yang belum mengetahuinya boleh gunakan cara ini.

Penyakit ini umumnya terlihat jelas pada hewan peliharaan anjing dengan ciri-ciri bulu perlahan rontok,dan bahkan ada sampai botak tanpa sehelai bulu di badan anjing.umumnya gejala ini di ikuti dengan kulit gatal gatal,kelihatan si guk guk menggarut kulitnya terus menerus.bahkan ada sampai luka karena digarut terus.selanjutnya gejala yang timbul adalah terkelupasnya kulit,mirip seperto ketombe manusia.

Untuk penyakit anjing yang satu ini,kita tidak usah panik.kita bisa mengobatinya sendiri dirumah tanpa dibawa berobat.penyakit ini disebabkan oleh kutu atau tungau parasit yang bersarang di kulit.umunya parasit ini tidak mati dengan bedak anti kutu hewan.

Sesuai pengalaman pribadi,penyakit ini mudah diatasi dengan cara menyuntikkan (injeksi) Wormectin.obat ini bisa kita dapatkan di toko hewan atau toko ternak dengan harga terjangkau.untuk kemasan 5ml harganya hanya Rp.12.000- Rp.20.000 .harga tergantung daerah masing-masing.
untuk harga online biasanya sangat murah,bisa cek disini untuk harga online



Penggunaan obat wormectin ini disesuaikan dengan berat badan binatang  peliharaan.oleh karena itu sebelum membeli ada baiknya menimbang berat badang binatang peliharaan yang akan di suntikkan wormectin.misalnya untuk anjing cukup menyuntikkan dengan dosis 0,02 ml/ Kilogram berat badan anjing.

Untuk menyuntikkanya bisa menggunakan spit berukuran kecil saja.menggunakanya bisa disuntikkan di bagian bawah kulit saja.bisa di bagian kulit paha depan atau belakang.cukup suntikkan di bawah kulit saja.sebelum menyuntiknya ada baiknya membersihkan kulit yang disuntik dengan alkohol.

Sesuai keterangan di kemasan wormectin,obat ini aman untuk saraf hewan.jadi tidak usah takut untuk menyuntikkanya.tapi ada baiknya cukup suntikkan tipis dibawah kulit saja.

Lakukan penyuntikan wormectin sekali dalam dua minggu sampai anjing benar benar sembuh.umumnya setelah beberapa hari disuntik wormectin,anjing tidak merasakan gatal gatal lagi.namun ada baiknya di suntik terus sampai sembuh total.

Menurut pengalaman,anjing bisa mengidap penyakit kulit gatal bulu rontok ini dikarenakan :

  • Sangat jarang dimandikan
  • Anjing sering bermain kotor atau mencari makan di tempat sampah atau tempat kotor
  • Tertular dari induk atau menular dari anjing lain.
Wormectin juga bisa mengobati penyakit cacing pada ternak.selain anjing...wormectin bisa juga digunakan untuk hewa peliharaan sapi,babi,domba,dan kucing.



Sesuai kemasan, wormectin tidak bisa disuntikkan kepada anjing ras collie.anjing ras collie adalah jenis anjing dengan bulu lebat dan halus lembut.jika kurang jelas boleh search anjing ras collie di mesin pencari.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar