Jumat, 29 Maret 2024

Cara Mengusir atau Menghalau Tupai dari areal Perkebunan Buah

 


Hewan mamalia ini sangat suka dengan buah-buahan yang tumbuh di lahan pertanian,populasi tupai yang semakin tinggi bisa mengancam perkebunan buah-buahan petani.hampir semua buah-buahan dimakan tupai,sehingga yang dimakan tupai tidak bisa dikonsumsi lagi atau dijual oleh petani.

Bagi petani,tupai adalah hama.jika tidak di antisipasi sejak dini.hewan ini bisa menggagalkan panen buah-buahan petani.seperti contoh pohon durian yang berbuah,tupai akan mulai melubangi dan memakan buah durian yang mulai tua dan yang masak.bahkan lebih sering mereka tidak menyisakan sedikitpun dalam satu buah.selain durian,tupai juga menyerang tanaman buah lainnya.

Untuk mencegah dan mengusir tupai banyak cara dilakukan petani untuk mempertahankan tanaman buahnya dari serangan hama tupai,berikut ini beberapa cara untuk mencegah dan mengahalau tupai di lahan pertanian :

  1. Menebang pohon yang dekat dengan tanaman buah kita,dengan tujuan untuk mencegah tupai naik atau melompat ke pohon tanaman buah dari pohon yang disampingyna.ada baiknya sebelum menanam tanaman buah diatur jarak tanam.atau jangan tanaman lain di dekat tanaman buah.
  2. Pasang plat seng atau plat kaleng,dengan cara membungkus batang pohon tanaman buah di bagian batang bawah.sehingga tupai tidak bisa memanjat pohon durian kita atau tanaman buah kita.
  3. Pelihara binatang peliharaan seperti anjing lokal di areal perkebunan buah kita.cara ini sangat lumayan untuk mengusir hama tupai dan juga bisa menjaga ladang kita dari pencuri.umumnya anjing sangat suka berburu tupai.tupai akan lari jika melihat dan mendengar gonggongan anjing.
  4. Basmi tupai dengan senapan angin,gunakan senapan angin untuk membasmi tupai.jika populasi tupai tinggi di areal pertanian kita,itu bakalan menjadi ancaman untuk tanaman buah kita.
  5. Menggunakan alat pengusir ultrasonic juga bisa mengusir tupai dari lahan pertanian.kita bisa menempatkan alat ini di beberapa titik di lahan pertanian untuk mengusir hama tupai.alat ini memancarkan gelombang ultrasonik yang tinggi yang hanya bisa di dengar hewan.tupai akan merasa terganggu dan tidak nyaman jika mendengarkan gelombang ultrasonik.dan akhirnya mereka tidak akan mendekati perkebunan buah petani.alat ini menggunakan listrik tenaga matahari dan hargaunya sangat terjangaku.kamu bisa cek spesifikasinya dan harganya Disini.
Atau klik gambar dibawah ini untuk spesifikasi dan harga lainnya.








Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar