Jumat, 17 Januari 2020

Trik Agar Cabe Berbuah Lebat


Cara Agar Tanaman Cabai Berbuah Lebat


   Sebagian orang menganggap,untuk membuat tanaman cabai berbuah lebat sangat lha trik khusus dan rahasia.banyak orang menjajakan pupuk dengan berbagai macam jenis dengan iming iming cabai akan berbuah banyak atau lebat.tapi hasil tidak sesusai.

  Padahal membuat cabai berbuah banyak sepertinya simple,hanya butuh kerajinan dalam perawatan dan ditambah sedikit pengalaman pribadi.buat sobat tani yang panasaran bisa mempraktekkanya di lapangan.

  Secara umum cara agar buah cabe lebat dan banyak,sebenarna sangat simple.hanya saja sebagian orang teori saja tau tapi mengerjakan di lapangan malas.intinya hanya satu,yaitu rutin pemupukan dengan pupuk unsur hara berimbang.dasarnya adalah pemupukan dengan NPK,karena unsur hara Nitrogen Phosphat dan Kalium adalah unsur hara paling dibutuhkan tanaman,di ikuti dengan kalsium magnesium sulfur dan di tambahi sedikit unsur hara mikro.namun di utamakan paling dasar adalah NPK.

   Untuk membuat tanaman cabai berbuah lebat tidak akan cukup jika pemupukan susulan hanya sekali,biar sekalipun volume pupuk banyak..tapi pemberian pupuk hanya sekali itu sama saja kurang berfaedah.jadi kalau ada yang bertanya kalau pemupukannya terus menerus sama saja semakin banyak modal ? betul...tapi tergantung cara kita...pemupukan susulan terus dilakukan terhadap cabai,misalnya sekali dalam dua minggu.tapi pemupukannya hanya secukupnya jangan berlebihan.

  Sebagai contoh mudahnya....saya punya tanaman cabai sekitar 3000 batang atau pokok (jangan hitung luas lahan,karena jarak tanam kita beda beda) saya hanya butuh 2 kg pupuk NPK untuk pupuk susulan pertama sampai kelihatan cabai membutuhkan 2kg NPK.biasanya setelah sebulan saya akan menaikann dosis sedikit.

   Rutin pemupukan sangat dibutuhkan,bukan banyaknya pupuk diberikan pada tanaman cabai.kurang tepat jika hanya memberikan pupuk satu atau dua jenis unsur hara,utamakan nitrogen phosphat dan kalium kemudian di ikuti unsur hara lainnya dalam jumlah sedikit.

  Ingat lah sob... Cabai akan mengeluarkan bunga di setiap cabangnya,tidak akan pernah cabai mengeluarkan bunga di sembarang batang.hanya tepat di cabangnya.makanya usahakan pemberian unsur hara merata,karena semua unsur hara saling mendukung.jangan pernah tergiur dengan pupuk pupuk aneh dengan iming iming memperbanyak buah. santai saja gunakan pupuk biasanya,lebihnya bisa tambahi penggunaan hormon.jika pemupukan rutin dan air cukup,malah per cabang bisa lebih dari satu bunga cabai.

 Ok sobat tani,ini bukan menjadi patokan ya,hanya pengalaman saja.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar