Minggu, 19 Januari 2020

Plus Minus Menanam Kopi Robusta

Plus Minus Menanam Kopi Robusta









   Mengingat indinesia adalah salah satu pengexpore kopi di dunia,sudah patut daerah yang memadai menanam kopi.mengingat tanaman kopi adalah tanaman tua yang sangat produktif.tidak ada ruginya dalam bertani kopi,hanya kesabaran yang perlu di butuhkan dari mulai awal tanam.


 Dalam menanam kopi,banyak beberapa jenis kopi dan varietasnya.yang kita bahas kali ini adalah kelebihan dan kekurangan menanm kopi robusta.


   Menanam kopi robusta sebenaranya sangat menjanjikan buat para petani kopi.yang jelasnya tanaman kopi sudah wajib menguntungkan bagi petani.istilahnya tidak akan ada bangkrut dalam bertani kopi.berikut kekurangan dan kelebihan bertani kopi robusta :

Kelebihan  kopi robusta :
  • Masa dan umur panen yang sangat panjang.
  • Cara pemanenan yang lebih muda/ringan.
  • Buah sangat banyak dan lebih banyak di bandingkan jenis kopi lain.
Kopi robusta bisa bertahan lama hidup dan masa pa
nen,jika anda menanam kopi robusta sekarang,maka kopi robusta itu akan bisa dengan sendiriya dipanen kurang dari dua tahun.
   Tahukan sobat tani...kopi robusta yang ditanam sekarang,akan bisa terus menerus  berbuah dan panen.bahkan cicitnya cicit dan cucu anda masih bisa memanen kopi robusta.

Kekurangan  Kopi Robusta:
  • Harga Lebih murah dibandingkan  dengan jenis kopi lainnya.
  • Pohon kopi robusta besar dan kokoh akan membuat kesulitan untuk membongkar batang atau pohon robusta jika membuka lahan kembali untuk menanam jenis tanaman lain.

#kopi, #kopi robusta, #kopi arabika, #kopi liberika, #menanam kopi, #jual bibit kopi robusta, #Trend minum kopi, #Kopi paling enak, #Kopi paling mahal, #Kopi Indonesia
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar