Selasa, 21 Januari 2020

Golongan Insektisida Berdasarkan Cara Kerja


Golongan Insektisida Berdasarkan Cara Kerja

Penggunaan Insektisida perlu kita ketahui jenis Insektisida berdasarkan cara kerja,dengan maksud agar penggunaan insektisida setepat mungkin dan tidak sia sia dalam pencampuran atau mixing insektisida,berikut golongan insektisida berdasarkan cara kerja :

1.Golongan Karbamat
   Golongan karbamat meliputi : Alankarb,aldikarb,Bendiokarb,Benfurakarb,Butokarboksim,Butosikarboksim,Karbaril,Karbofuran,Karbosulfan,Etiofenkarb,Fenobukarb,Formetanat,Furatiokarb,Isoprokarb,Metiokarb,Metomil,Metolkarb,Oksamil,Pirimikarb,Propoksur,Tiodikarb,Tiofanoks,Triazamat,trimetakarb,XMC,Silikarb.

Dipasaran golongan karbamat yang paling banyak sering kita jumpai seperti karbofuran,karbosulfan dan metomil.

 Kode cara Kerja : 1A
Cara Kerja : Menghambat AChE (acetylcholinesterase),menyebabkan hyperexcitation.AChE adalah enzim yang mengakhiri aksi rangsang neurotransmiter asetilkolin pada sinapsis saraf.


2.Golongan Organofosfat
   Golongan organofosfat yaiutu :
Asefat,Azametifos,Azinfos-etil,Azinfosmetil,Kadusafos,Koretoksifos,Klorfenvinfos,Klormefos,Klorpirifos,Klorpirifos-metil,Koumafos,Sianofos,Demeton-S-Metil,Diazinon,Diklorfos,Dikrotofos,Dimetoat,Dimetilvinfos,DIsulfoton,EPN,Etion,Etoprofos,Famfur,Fenamifos,Fenotrotion,Fention,Fostiazat,Heptenofos,Imisiafos,Isifenfos,Isoprofil O,Salisilat,Isoksation,Melation,Mekarbam,Metamidofos,Metidation,Mevinfos,Monokrotofos,Naled,Ometoat,Oksidemeton - metil,Paration,Paration-metil,Fentoat,Forat,Fosalon,Fosmet,Fosfamidon,Foksim,Pirimifos-metil,Profenofos,Propetamfos,Protiofos,Firaklofos,Firidafention,Kuinalfos,Sulfotep,Tebupirimfos,Temefos,Terbufos,Tetraklorvinfos,Tiometon,Triazofos,Triklorfon,Vamidotion.
'
Kode cara kerja 1B
Cara kerja :Menghambat AChE (acetylcholinesterase),menyebabkan hyperexcitation.AChE adalah enzim yang mengakhiri aksi rangsang neurotransmiter asetilkolin pada sinapsis saraf.


3.Golongan Siklodin Organoklorin
   Yaitu meliputi bahan aktig Klordan dan Endosulfan
Kode cara Kerja : 2A
Cara Kerja : Memblokir saluran klorida aktivasi GABA,menyebabkan hyperexcitation dan kejang keang.GABA adalah neurotransmiter inhibisi utama pada serangga.


4.Golongan Fenilfirazol
   Golongan Fenilfirazol adalah Etiprol dan Fipronil
Kode cara kerja : 2B
Cara Kerja :Memblokir saluran klorida aktivasi GABA,menyebabkan hyperexcitation dan kejang keang.GABA adalah neurotransmiter inhibisi utama pada serangga.


5.Golongan Piretroid atau Piretrin
   Golongan yang termasuk Piretroid atau piretrin adalah : Acrinatrin,Alletrin,d-cis-trans Alletrin,d-trans Alletrin,Bifentrin,Bioalletrin,Bioalletrin Siklopentenil isomer,Bioresmetrin,Sikloprotrin,Silfutrin,beta-silfutrin,Sihalotrin,Lamda -Sihalotrin,Gamma-Sihalotrin,Sipremetrin,alfa-Sipermetrin,beta-Sipermetrin,tetasipermetrin,zeta-Sipermetrin,Sifenotrin,Deltametrin,Empentrin,Esfenvalerat,Etofenprox,Fenpropatrin,Fenvalerat,Flusitrinat,Flumetrin,tau-Fluvalinat,Halfenprox,Imiprotrin,Kadetrin,Permetrin,Fenotrin,Pralletrin,Firetrins,Resmetrin,Silafluofen,Teflutrin,Tetrametrin,Tetrametrin isomers,Tralometrin,Transflutrin.

Kode cara kerja :3A
Cara kerja : Menyebabkan saluran natrium selalu terbuka,sehingga pada beberapa kasus menimbulkan efek berlebihan oleh saraf.saluran natrium terlibat dalam penyebaran info potensial di sepanjang akson saraf.

6.Golongan DDT dan Metoksiklor
 yaitu bahan aktif DDT Metoksiklor
Kode Cara Kerja : 3A
Cara kerja :Menyebabkan saluran natrium selalu terbuka,sehingga pada beberapa kasus menimbulkan efek berlebihan oleh saraf.saluran natrium terlibat dalam penyebaran info potensial di sepanjang akson saraf.

7.Golongan Neonikotinoid
   Golongan neonikotinoid adalah bahan aktif : Asetamiprid,klotianidin,Dinotefuran,Imidakloprid,Nitenpiram,Tiakloprid,dan Tiametoxam.
Kode cara kerja : 4A
Cara kerja : Meniru tindakan agonis asetilkolin di nAChRs,menyebabkan hyperexcitation.Asetilkolin adalah neurotransmitter utama dalam sistem saraf serangga pusat.

8.Golongan Nikotin
   Yaitu hanya bahan aktif Nikotin
Kode cara kerja : 4B
Cara kerja :Meniru tindakan agonis asetilkolin di nAChRs,menyebabkan hyperexcitation.Asetilkolin adalah neurotransmitter utama dalam sistem saraf serangga pusat.

9.Golongan Spinosin
   Golongan spinosin yaitu berbahan aktif Spinetoram dan spinosad
Kode cara kerja : 5
Cara kerja : Allosterically mengaktifkan nAChRs,menyebabkan hyperexcitation dari sistem saraf

10.Golongan  Avermektin dan Milbemisin
    Yaitu yang berbahan aktif : Abamektin,Emamektin benzoat,Lepimektin dan Milbemektin
Kode cara kerja : 6
Cara kerja : Allosterically mengaktifkan saluran utama klodrida glutamat,menyebabkan kelumpuhan.Glutamat adalah inhibitory neurotransmitter penting dalam serangga.


   10 Golongan insektisida diatas adalah golongan paling banyak ditemukan dipasaran,sebenarnya masih banyak golongan insektisida.namun yang kita bahas cukup dulu 10 golongan,karena yang lainnya sangat sulit bahkan tidak pernah ditemukan di pasaran.

   Dalam pencampuran atau mixing insektisida bisa dilakukan sesuai menurut Kode cara kerja,Jangan mencampurkan insektisida dalam satu golongan,satu kode cara kerja.

Rumus pencampuran mix insektisida yang tepat kira kira seperti :

  • Golongan 1 A mix dengan  2A contoh : Metomil campur dengan Endosulfan
  • Golongan 1B mix dengan 3A contoh : Profenofos campur dengan Lamda sihalotrin
Rumus mixing insektisda yang perlu dihindari misalnya :
  • Golongan 1A mix dengan 1B contoh : Metomil dengan Profenofos
  • Golongan 3A mix dengan 3B contoh :Lamda sihalotrin dengan DDT Metoksiklor
Inti pencampuran atau mixing jangan mencampurkan dalam satu golongan cara kerja,perhatikan angkanya.hindari kode cara kerja satu angka.
   Perlunya petani mengetahui cara kerja insektisida sangat penting untuk mengurangi biaya modal dan ketepatan insektisida,jangan mau di kibulin toko pertanian dengan memberikan berbagai merk dagang ternyata cara kerja bahan aktif sama,mereka hanya mau daganganya laris manis.
   Pencampuran atau mixing insektisida dengan beda cara kerja akan menimbulkan dua efek,sedangkan penggabungan insektisida dengan kesamaan kode cara kerja hanya memiliki satu efek.sobat tani yang kurang mengerti bisa tinggalkan pesan di komentar.ok sekian dulu...mimin mau keladang broh..lain kali kita bahas Tabel Pencampuran atau mixing Insektisida agar lebih Jelas.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar