Selasa, 28 Januari 2020

Keuntungan dan Kerugian menanam Tomat

Keuntungan dan Kerugian menanm Tomat



   Setiap pekerjaan ada keuntungan dan kerugian,bahkan di dalam dunia bertani resiko kerugian sangat besar jika tidak rajin dan telaten.karena petani pekerjaanya mengurusi mahluk hidup hampir sama seperti mengurusi anak bayi.

   Dalam bertani terutama menanam tomat banyak hal yang harus di pertimbangkan sebelum terjun menanam tomat.karena menurut sepengalam saya,bertanama tomat adalah pekerjaan paling ekstrim dalam bertani,kenapa ekstrim? sebenarnya gak extrim extrim bingit sob..mengingat dalam menanam tomatlah kita sering terkontaminasi dengan pestisidak kimia.dimana kalau tidak menggunakan pestisida kimia bisa bisa tomat kita hancur gagal total.
   
Berikut keuntungan dan kerugian dalam menanam tomat :

Keuntungan : Jika tanamn tomat bagus dan hasil melimpah,jangankan melimpah...standar aja.disitu petani akana tersenyum,belum lagi harga yang lumayan.sepengalaman saya jika harga 3000 perak ke atas saja harga tomat,petani sudah pasti pegang keuntungan besar.tomat bisa panen sekali seminggu,bahkan kalau stok dipasaran kosong tomat bisa di paksa panen dua kali seminggu.bayangkan 1 ton per minggu x 3000 saja sudah 3jt perminggu penghasilan.lelah dan kendala akan lupa semuanya.

Kerugian : Ada untung pasti ada rugi,tidak selamanya untung dan tidak selamanya rugi.begitu juga menanam tomat ada kerugiannya.setiap petani tomat akan fokus terus ke tanaman tomatnya sampai panen terakhir selesai.selain itu cuaca adalah hal paling ditakuti petani.terutama di musim hujan,karena di musim hujan banyak bermunculan penyakit yang bisa menggagalkan panen.selain itu petani juga akan terkontaminasi dengan pestisida kimia selama menanam tomat.pestisida ini sangat berbahaya jika terhirup atau termakan.efeknya gak langsung..bisa jadi setelah tua efeknya muncul.

   Keuntungan kerugian diatas biasa dalam menanam tomat,namun kerugian bukan menjadi penghalang sobat tani untuk menanam tomat.kalau sudah tau kerugian mulai antisipasi dari awal untuk meminimkan kerugian.ok sobat salam tani....


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar