Selasa, 28 Januari 2020

Perlunya Menggunakan Mulsa Dalam Bercocok Tanam Tomat



Penggunaan Mulsa Menanam Tomat


   Dalam penanaman tomat banyak hal yang perlu di perhatikan,menanam tomat hampir sama hal nya seperti mengurus bayi kalau kurang telaten bisa menimbulkan kerugian besar atau sama sekali tidak mendapatkan keuntungan.

   Persiapan penanaman tomat tidak hanya dengan menyiapkan bedengan untuk menanam,tapi harus menggunakan plastik mulsa hitam perak,terutama dimusim kemarau..penggunaan mulsa sangat di anjurkan menanam tomat.dengan menggunakan mulsa tanah tidak akan cepat kering karena dilindungi mulsa dari panas matahari,bahkan kalau malam hari mulsa akan berembun di dalam dan menyebabkan tanah tetap basah.

  Berikut manfaat penggunaan mulsa menanam tomat :
  • Mencegah pertumbuhan gulma disekitar perakaran
  • Memperlambat pengeringan tanah
  • Mencegah Pupuk kocoran tidak cepat kering,terutama di musim kemarau.
  • Penyiraman lebih mudah,cukup siramkan air ke lubang mulsa,terutama penyiraman pada musim kemarau.
  • Membantu mencegah hama mendekat ke tanaman tomat,terutam di musim kemarau...populasi hama sangat tinggi,seperti kutu daun,kutu kebul dan lalat buah.
  Sampai hari petani tomat di semua daerah selalu menggunakan mulsa,mulsa akan banyak membantu pekerjaan petani,dengan menggunakan mulsa..petani tidak perlu lagi mencabut rumput di sekitar perakaran.rumput tidak akan tumbuh di sekitar perakaran dan rumput di luar mulsa bisa dibasmi dengan menggunakan herbisida.
   
   Ketika menyiram tanaman tomat atau pengocoran pupuk,dengan menggunakan mulsa air dan pupuk kocoran tidak cepat kering,sehingga akar masih sempat menyerap unsur hara dan air sebelum kering oleh sinar panas matahari.

  Ok sobat,semoga membantu.menggunakan mulsa sangat penting terutama ketika musim kemarau.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar