Selasa, 03 November 2020

Review Pupuk NPK Mutiara 16 16 16

meroketetapjaya.com


    NPK Mutiara 16 16 16 sudah pasti semua petani mengenalnya,pupuk npk mutiara hampir merata dipasarkan di indonesia. pupuk impor ini di distribusikan oleh meroketetapjaya di indonesia.petani sayuran dan buah banyak mengandalkan pupuk mutiara 16.tidak salah lagi...jikalau pupuk ini menjadi andalan para petani karena terbukti pupuk ini sangat bagus untuk tanaman.

  Dinamakan NPK 16 16 16 dikarenakan komposisi pupuk ini dalam satu kemasan memiliki 16 % masing masing Nitrogen,Phospat dan Kalium.uniknya...pupuk ini mengandung nitrogen dalam bentuk Nitrat Nitrogen (NO3) dan Amonium Nitrogen (NH4).sehingga pupuk ini mudah diserap dan responya sangat cepat.

  NPK Mutiara 16 diproduksi dengan bentuk prill yang lembut di tangan,prill maksudnya berbentuk bulatan atau bulat bulat.pupuk ini tidak terlalu perih jika terkontaminasi dengan luka.tapi sebaiknya jangan di sengaja ya kalau ada luka ditangan.

  Untuk saya sendiri,pupuk ini saya aplikasikan sering ke tanaman muda seperti sayur sayuran dan cabai.untuk tanaman cabai npk mutiara 16 adalah pupuk andalan saya mulai ditanam sampai muncul buah pertama.untuk tanaman cabai saya tidak mencampur pupuk ini dengan pupuk apapun terkadang saya hanya campurkan dengan pupuk Calsium (Ca) saja.NPK mutiara 16 sanggup memberikan asupan unsur hara sampai buah pertama.

  Biasanya cabai setelah tumbuh saya hanya memberikan kira kira 10 butir untuk per batang/pokok cabai,jika air cukup efek pupuk ini akan sangat jelas kelihatan setelah seminggu.daun hijau bersih dan batang kokoh terlihat.untuk interval/jarak pemupukan tabur saya aplikasikan sekali dalam dua minggu.setiap jadwal pemupukan lanjutan tambahkan sedikit dosis untuk per tanaman.untuk pemupukan cara menabur biasanya saya kasi per tanaman,berhubung pupuk ini lumayan mahal saya sangat segan menaburkan seperti menabur pupuk subsidi.sebenarnya gak masalah asal tabur..tapi kantong saya yang gak tahan sob.

  Untuk aplikasi kocor,Mutiara 16 adalah paling cocok saya rasa.untuk dosis kocoran untuk cabai sebulan setelah tanam saya larutkan 4 Kg kedalam 200 Liter air,saya kocor sekali dua minggu.jika interval hujan rapat biasanya saya kocor sekali tiga minggu.untuk mencegah over dosis nitrogen yang bisa menyebabkan tanaman mudah terserang jamur.misalnya busuk batang,busuk daun dan busuk buah bahkan busuk akar.adapun mengantisipasinya bisa campurkan pupuk Calsium (Ca).

 Dalama pengocoran,setiap bulan saya naikkan dosisnya 1kg dan setelah berbuah maksimal 6kg per 200 liter air.dosis untuk pertanaman saya kocor kira kira kurang lebih 200 Milli Liter.sebaiknya sesuaikan dengan kondisi tanaman.

  Uniknya pupuk ini rendah klorin.jadi kalau saya ...berani kocorkan langsung setelah larut.tidak perlu menunggu lama untuk mengaplikasikannya asalkan jangan overdosis.kalau rendah klorin itu dikocorkan ke pas ke lubang mulsa atau pas di pokoknya tidak masalah.asalkan tadi jangan over dosis.

  Dipasaran,pupuk ini dijual sekitar kurang lebih Rp.400.000an dan untuk eceran jumlah kiloan Rp.9500an.pupuk NPK Mutiara banyak dijual hampir disetiap toko pupuk.menggunakan pupuk ini dijamin tidak kecewa.dan selalu hati hati produk palsu.jangan tergiur dengan harga murah yang tidak sesuai dengan harga pasaran.

Ok sobat tani..selamat bertani.saran dan kritik silakan tinggalkan di komentar ya sob.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar